Bagi para pemula di dunia blogging, SEO terkesan sebagai hal yang sangat rumit untuk dihadapi. Padahal sebenarnya, jika Anda tahu tahapan-tahapan, belajar SEO itu bisa jadi hal yang menyenangkan sekaligus menantang. Ketahui urutan-urutan belajar SEO seperti yang bisa Anda temukan di bawah ini dan Anda bisa menjadi master SEO nantinya.

Riset Keyword

Tahapan yang pertama yang sebaiknya dipelajari adalah untuk melakukan riset keyword. Kenapa tahapan ini masuk di tahapan yang pertama? Keyword merupakan “inti” dari blog Anda. Dari keyword ini nantinya Anda akan mengembangkan blog Anda termasuk untuk urusan niche dan juga kontennya. Bayangkan, dari satu keyword, nantinya akan berkembang menjadi susunan konten blog. Inilah kenapa melakukan riset keyword harus Anda pelajari terlebih dahulu. Anda harus mengetahui keyword mana yang paling pas untuk Anda gunakan.

riset keyword

Usahakan untuk mendapatkan keyword yang sesuai dengan passion Anda karena nantinya akan semakin nyaman bagi Anda untuk mengembangkannya. Kemudian, usahakan untuk memilih keyword atau kata kunci yang persaingannya kecil tapi cukup banyak dicari. Dengan demikian, peluang Anda untuk merajai kata kunci tersebut bisa semakin besar. Anda juga harus mempelajari tentang berbagai tools yang bisa Anda gunakan untuk melakukan riset kata kunci ini. Sebagai contoh yang paling mudah adalah Google Keyword Planner.

SEO On Page

Setelah Anda mendapatkan keyword atau kata kunci yang pas, ini waktunya bagi Anda untuk membuat konten bagi blog. Biasanya pemilik blog akan membuat konten dalam bentuk artikel walaupun pada dasarnya ada banyak sekali jenis konten yang bisa dibuat. Sebagai contoh, Anda juga bisa membuat video dengan berdasarkan kata kunci yang sudah Anda dapatkan. Setelah membuat konten, ini waktunya Anda untuk melakukan optimasi pada konten.

seo on page dan seo off page

Hal ini biasanya disebut sebagai SEO on page atau optimasi yang dilakukan secara langsung pada blog atau kontennya. Anda bisa membuat konten yang sudah dilengkapi meta description untuk mempermudah mesin pencari mengindex konten Anda. SEO on page juga bisa dilakukan dengan menata layout atau desain blog agar lebih user friendly, sehingga Anda bisa memberikan kenyamanan yang lebih lagi pada pengunjung blog Anda.

SEO Off Page

SEO off page berhubungan dengan optimasi blog di luar blog itu sendiri. Ini merupakan tahapan terakhir yang harus Anda pelajari dan hanya bisa Anda lakukan jika Anda sudah punya blog yang sudah mempunyai konten. Caranya bisa beraneka ragam seperti mencari backlink dari blog lain. Promosi blog dengan berbagai macam metode seperti mempromosikan konten blog di berbagai sosial media juga sebenarnya termasuk dalam SEO off page.