Saat ini, bisnis online memang mengalami perkembangan yang pesat sehingga tidak heran banyak masyarakat mulai tertarik dalam bidang ini. Untuk melancarkan bisnis tersebut, pelaku bisnis pun memerlukan aplikasi mobile sebagai wadah untuk bertransaksi. Adanya aplikasi tersebut ini tentu akan memudahkan pengguna untuk akses melalui smartphone dimanapun. Nah, sebelum menggunakan jasa pembuatan aplikasi mobile online untuk melengkapi bisnis Anda, yuk kenali jenis-jenis aplikasi mobile berikut ini.

Ketahui Jenis-Jenisnya, Sebelum Pakai Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile

Jenis-Jenis Aplikasi Mobile

Aplikasi Native

Aplikasi Native adalah aplikasi yang dibuat khusus untuk bisa dipakai pada perangkat dengan sistem operasi tertentu, misalnya Android atau iOS. Jadi, aplikasi ini nantinya tidak bisa digunakan pada perangkat lain di luar sistem yang ditentukan karena memang menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda. Aplikasi jenis ini memiliki performa yang mumpuni dengan user experience luar biasa. Tak hanya itu, aplikasi ini juga bersifat responsive.

Aplikasi Native umumnya didistribusikan melalui App Store. Menariknya, aplikasi ini bisa mengakses berbagai fitur di perangkat seperti kamera, mikrofon hingga kontak. Namun, untuk membuat aplikasi ini membutuhkan dana yang tidak murah.

Aplikasi Web

Aplikasi mobile web merupakan aplikasi khusus yang dikembangkan dengan bahasa pemrograman yang berbasis web sehingga aplikasi akan dijalankan melalui browser. Pada aplikasi ini, bahasa pemrograman yang digunakan meliputi php, html5 hingga ASP. Beberapa aplikasi juga telah dilengkapi dengan javascript, css, database hingga penyimpanan data secara langsung pada database server.

Berbeda dengan aplikasi mobile jenis native, aplikasi web ini bisa dijalankan pada semua sistem operasi. Setiap aplikasi akan didesain untuk bisa mengikuti jenis perangkat yang digunakan sehingga ukuran layarnya sesuai dan nyaman digunakan. Aplikasi ini biasanya memiliki tingkat responsivitas yang rendah dan tidak tersedia di Google Playstore ataupun App Store.

Aplikasi Hybrid

Aplikasi hybrid merupakan aplikasi campuran yang menggunakan bahasa pemrograman berbasis web tetapi memiliki sifat aplikasi native. Aplikasi ini biasanya dipasang langsung pada perangkat mobile sehingga membutuhkan instalasi terlebih dahulu. Aplikasi ini lebih mudah dikembangkan namun performanya masih kalah dengan aplikasi native karena bergantung pada kecepatan browser. Meski begitu, aplikasi ini lebih mudah dalam hal pemeliharaan dan perawatan.

Baca juga : Trik Meraih Manfaat SEO dan Situs Terbanyak Dari Blogging

Sama seperti aplikasi mobile native, aplikasi hybrid juga bisa didistribusikan melalui Google Playstore maupun App Store. Keuntungan lainnya yang bisa diperoleh pada aplikasi mobile jenis hybrid yaitu pengguna bisa menambahkan berbagai fungsi di setiap versi aplikasi.

Nah, demikian tadi beberapa jenis aplikasi mobile yang bisa dijadikan sebagai referensi sebelum menggunakan jasa pembuatan aplikasi mobile. Setiap aplikasi bisa menggunakan jenis yang berbeda-beda tergantung kebutuhan seperti halnya games mobile, ada yang berupa aplikasi native, web maupun hybrid.