magicseo.net – Para profesional yang sudah lama berkecimpung di bidang SEO mungkin sering bertanya berapa budget kampanye SEO yang dibutuhkan sampai mencapai target yang diinginkan. Dan jawabannya sangat bervariasi dan tergantung kondisi yang dihadapi.

Akan tetapi umumnya budget kampanye SEO ditentukan oleh dua hal: posisi situs bisnis di mesin pencari dan seberapa cepat kemajuan yang diinginkan.

Tapi pertanyaannya: seperti apa sih kampanye SEO?

Pengertian Kampanye SEO

Pada dasarnya kampanye SEO melibatkan beberapa tahap, misalnya:

  • Riset kata kunci
  • Menerbitkan konten
  • Optimasi on-site
  • Membangun link
  • Melacak hasil

Kami tidak akan menjelaskan pengertian untuk kelima istilah tersebut.Yang ingin kami tunjukkan adalah gambaran umum tentang pekerjaan yang biasa dikerjakan oleh seorang spesialis SEO.

memprediksi biaya seo

Tentu saja dalam prakteknya, SEO merupakan pekerjaan yang bisa saja meluas ke berbagai bidang, termasuk, misalnya: pengelolaan media sosial.

Akan tetapi kalau kamu mau memulai dari hal paling dasar, kelima tahap di atas bisa dipakai sebagai acuan pekerjaan.

Memprediksi Budget Bisnis Untuk SEO

Tidak semua perusahaan merancang budget yang besar untuk SEO. Informasi budget SEO perusahaan ini sulit dicari di Indonesia, namun kalau kita memakai ancer-ancer biaya seperti yang diinformasikan Search Engine Journal, rata-rata perusahaan kecil mengeluarkan budget SEO kurang dari $100 per bulan.

Itu artinya biaya yang dikeluarkan perusahaan kecil untuk SEO tidak sampai Rp 1,5 juta per bulan. Nah, dari titik ini kita bisa mulai mengambil ancang-ancang dalam pengaturan budget untuk kampanye SEO.

Tapi harap diingat. Selalu terbuka kemungkinan seorang klien datang ke kamu dengan biaya yang lebih besar dari itu. Bahkan tidak tertutup kemungkinan ada klien yang masih bingung tentang berapa budget yang harus dikeluarkan perusahaan untuk SEO.

Tidak ada patokan pasti yang bisa menginformasikan berapa seharusnya kamu mematok budget untuk melakukan pekerjaan SEO. Tapi yang jelas, pekerjaan SEO memang tidak murah. Sebuah paket layanan SEO komplit, misalnya, biasanya dihargai sebesar Rp 40 – 60-an juta per bulan.

Namun kalau budget klien tidak sampai sebesar itu, seorang praktisi SEO bisa menawarkan layanan SEO yang lebih spesifik. Misalnya seperti link building atau optimasi on-site yang biasanya membutuhkan anggaran yang lebih sedikit.

Baca Juga : Rekomendasi Sumber Belajar Google Analytics untuk Pemula

Kiat Jitu Mengelola Anggaran Kampanye SEO

Oke sekarang diasumsikan kamu sudah tahu kekuatan budget calon klien. Setelah itu kamu perlu melakukan hal-hal berikut:

·       Pilih Matrik Target

Seorang profesional di bidang SEO tidak akan menggunakan “ranking” sebagai metrik target pencapaian bulanan. Dengan kata lain, rasanya saat ini sudah sangat jarang konsultan atau profesional SEO menjanjikan “ranking” tertentu untuk “kata kunci” tertentu.

menentukan budget kampanye seo

Justru fokus yang diambil oleh kebanyakan praktisi SEO lebih banyak terkait dengan matrik lain, seperti misalnya seberapa besar lalu lintas situs dalam tiga bulan, jumlah leads dalam sebulan, penjualan dalam setahun, atau jenis konversi lainnya.

Terkait dengan budget. Memilih matrik target bulanan jadi penting. Sebab dari sana seorang praktisi SEO bisa menyesuaikan anggaran dengan target yang ingin dicapai.

Katakanlah misalnya kamu ingin mendapat target bulanan 10000 leads dengan memasang iklan di Google. Maka biaya iklan, termasuk pembuatannya, sebaiknya dihitung sebagai bagian dari keseluruhan biaya SEO yang tersedia.

Memilih target jadi sebuah pertimbangan penting, sebab akan terkait dengan poin berikutnya.

·       Menentukan Target

Target macam apa yang kamu canangkan untuk kampanye SEO? Semuanya tergantung bagaimana kamu menjalankan kampanyenya.

Andaikan kamu merancang target kenaikan pelanggan newsletter perusahaan sebesar 20% dalam 6 bulan ke depan, misalnya, apakah budget yang tersedia memungkinkan kamu untuk mewujudkannya?

Setelah menentukan target, hal berikutnya yang harus kamu lakukan adalah memberi nilai untuknya.

·       Berikan Nilai yang Pantas Untuk Target Itu

Andai target 20% diatas tercapai, apa yang akan kamu lakukan selanjutnya? Bagaimana kamu akan menghargai itu. Akankah kamu ambil resikonya bila, misalnya, klien menargetkan kenaikan lebih dari 50% untuk 6 bulan berikutnya?

berikan nilai yang pantas untuk target

Dari situ kamu bisa memberikan nilai untuk pekerjaan kampanye SEO yang kamu lakukan. Taruhlah kamu berhasil menuntaskan target, tentu kamu punya senjata untuk negosiasi mengenai kenaikan budget, kan?

Akan tetapi yang paling krusial dari semuanya adalah, kemampuanmu menentukan budget.

·       Mengatur dan Menentukan Budget Secara Efektif

Sekarang kamu sudah membayangkan target, menentukan nilai yang dicapai andai kamu berhasil dengan targetmu, serta memilih matrik yang paling pas.

Hal berikutnya yang perlu dilakukan adalah mencanangkan budget yang adil dan yang diasumsikan bisa mensukseskan target pekerjaan yang dirancang. Jangan lupa sesuaikan juga dengan budget yang sanggup dikeluarkan calon klien.

Demikianlah kiat jitu mengelola budget kampanye SEO. Satu hal lagi yang perlu diingat: karena biaya layanan SEO bisa sangat mahal, kamu sebaiknya tidak berusaha menurunkan harga layanan demi menarik hati pelanggan.

Dengan kata lain, selain berusaha cerdas mengelola anggaran, kamu sebaiknya berani menolak klien yang inginnya macam-macam namun tidak mau mengeluarkan budget besar.