Teks eksplanasi saat ini juga mulai diajarkan di jenjang SMP dan juga SMA, dimana bagi orang awam memang jenis teks ini sedikit lebih rumit dari segi pemahaman dan penguasaan. Tak jarang para siswa menjadi kesulitan saat diberikan tugas, dan akhirnya akan sangat kecil kemungkinan tulisan yang dihasilkan menjadi berkualitas. Bila anda salah satu pelajar yang kesulitan dalam hal itu, anda bisa belajar dengan mengakses ke situs https://www.dosenpendidikan.com/.

Pengertian Teks Eksplansi Untuk Pelajar SMP-SMA

Agar anda semakin tahu apa sih teks eksplansi itu? Berikut ini akan kami jelaskan pengertian dari teks eksplansi ini. Sehingga anda bisa mengerti ketika ditugaskan untuk membuat teks eksplanasi. Tanpa basa basi, berikut pengertian dari teks eksplanasi ini.

Pengertian teks eksplansi

Bila dilihat dan diartikan dari kata eksplanasi, tentunya anda menangkap bahwa teks ini bersifat menjelaskan secara detail. Hal itu memang benar, pasalnya teks eksplanasi sendiri memiliki maksud menjelaskan akan proses terjadinya sebuah peristiwa. Selain itu, teks ini juga akan menjelaskan megenai penyebab dan hubungan sebab akibat yang ada dalam kejadian tersebut.

Hal ini juga sudah dijelaskan oleh Restuti, dimana teks eksplansi merupakan teks yang dapat digunakan untuk mendeskripsikan berbagai macam fenomena alam maupun fenomena sosial. Hal ini juga telah dijelaskan oleh Mahsun, dimana dirinya mengatakan bila dalam teks terdapat bagian berupa pernyataan umum, penjelasan, dan terakhir interpretasi. Dari penjelasan ini, teks bisa dikembangkan menjadi teks dengan struktur yang jelas.

Karena luasnya tema teks ini, akhirnya akan menimbulkan kesalah pahaman pada para pelajar sehingga membuat mereka kesultan dalam membedakan kalimat yang diberikan. Umumnya kesulitan tersebut terjadi pada tugas yang mengharuskan pelajar menebak apakah teks termasuk ekplanasi atau bukan, dan hal ini memang sering terjadi karena bila tidak paham memang sulit untuk mengetahuinya.

Baca juga : Awas!!! Ini Penyebab Website Terkena Pinalti Google/ Deindex

Agar anda semakin paham, berikut ini contoh teks eksplanasi yang bisa anda gunakan sebagai contoh dalam mengerjakan tugas anda. Disini kami memberikan contoh berupa teks eksplanasi untuk bagian pernyataan umum, dimana pada pembukanya merupakan bagian yang isinya penjelasan akan fenomena yang dibahas.

Jadi, urutannya nanti akan menjadi seperti dibawah ini:

  • Kejadian apa yang sudah terjadi? Disini tanah longsor meruntuhkan separuh wilayah perdesaan.
  • Lokasi kejadian yang mengalami musibah tanah longsor. Tanah longsor terjadi di sekitar pegunungan, dan beberapa desa ikut terkena dampak musibah ini.
  • Waktu kejadian tanah longsor tersebut. Bencana longsor ini tidak mengenal waktu, kapanpun bisa saja terjadi apalagi di musim hujan.
  • Akibat yang ditimbulkan dari kejadian longsor. Longsor mampu menyebabkan korban dengan besar berjatuhan, tanah yang jatuh dengan kecepatan tinggi mampu menghancurkan rumah seketika.

Itulah contoh teks jenis eksplanasi, semoga membantu dan trimakasih sudah membaca artikel ini hingga tuntas.