magicseo.net – Mempelajari Google Analytics tidak pernah mudah, apalagi untuk pemula. Namun untuk orang yang tidak pernah putus asa, mempelajari Google Analytics justru sangat menyenangkan.

Memangnya Apa Sih Fungsi Google Analytics? 

Sebagai perkenalan, Google Analytics adalah tools yang diberikan oleh Google. Tools ini gratis namun sangat powerful. Ia memberikan data dan insight terbaik untuk situs yang kamu kelola.

Sebelum kita mulai mempelajari hal-hal penting terkait analytics, lebih baik kita kenalan dulu dengannya. Supaya lebih akrab.

Pengertian Google Analytics dan Fungsinya Untuk Website 

Alat seperti Google Analytics pada dasarnya berfungsi untuk melacak performa situs, blog, maupun aplikasi. Jadi pada dasarnya Google Analytics memberikan data performa situs untuk kita analisa.

mengenal google analytics

Data performa yang diberikan oleh Google Analytics termasuk perilaku audiens, jumlah audiens yang mengunjungi situs web, konversi yang dihasilkan, sasaran yang ditetapkan pemilik situs, dan seterusnya.

Google Analytics pada dasarnya memberikan data sebagai berikut:

  • Jumlah kunjungan
  • Durasi kunjungan pengguna
  • Sumber lalu lintas web
  • Halaman yang dikunjungi

Jadi di antara sekian jenis data yang ditawarkan oleh Google Analytics, kamu sebaiknya fokus pada keempat jenis data tersebut.

Memang masih ada sejumlah data lain yang harus kita pelajari juga. Namun empat jenis data diatas sudah cukup untuk pemula. Kalau sudah mahir membaca empat jenis data diatas, kamu bisa bergerak lebih jauh lagi.

Lalu bagaimana cara mempelajari Google Analytics? Kita harus mulai darimana?

Baca Juga : Ini Dia Rekomendasi Plugin Internal Link untuk Situs Berbasis WordPress

Tempat Belajar Google Analytics

Menurut kami, belajar Google Analytics bisa dimulai dari melacak situs internet tempat kamu bisa mempelajari Analytics lengkap dengan seluruh masalah yang mungkin muncul.

  1. Google Analytics for Beginner dari Google

Google menyediakan akademi khusus untuk orang yang ingin belajar analytics mulai dari level pemula. Dengan kata lain, Google menyediakan kursus daring untuk mereka yang mau mempelajari Analytics dari nol.

Kursusnya sendiri menyenangkan, karena kamu akan mempelajari cara menggunakan Analytics. Metriks pengukuran apa saja yang mesti diperhatikan, sampai bagaimana menganalisis data yang disajikan.

Selain itu ada pula Google Analytics Training and Certifications. Yang terakhir ini menyediakan panduan, pusat bantuan dan pusat pengetesan. Tersedia pula kursus serta seminar dan video untuk tingkat pemula, menengah, sampai pro.

Lalu Google juga menyediakan kanal Youtube belajar analytics untuk orang-orang yang lebih memilih video ketimbang sumber informasi tertulis.

  1. Blog Moz dan Analytics untuk Pemula

Moz tidak hanya menjual software SEO. Lebih dari itu, mereka menyediakan materi pemasaran inbound yang sangat beragam. Dedikasi Moz terhadap pendidikan marketing online tidak perlu diragukan lagi.

moz blog and analytics

Lewat blog Moz kamu bisa menemukan sumber informasi untuk mempelajari segala hal tentang Google Analytics. Coba ketikkan judul ‘The Absolute Beginner’s Guide to Google Analytics’ lewat Google, dan klik tautan blog Moz yang muncul.

Disana kamu akan menemukan sebuah artikel panjang yang menjelaskan semua hal tentang Google Analytics yang berguna untuk pemula.

  1. Kissmetrics

Ini adalah blog bersertifikat (artinya: otoritatif) yang berisi konten tentang marketing dan analytics. Kissmetrics merupakan sumber belajar Analytics yang bagus, dan juga sesekali menawarkan Analytics Webinars yang bisa diikuti siapa saja.

  1. Blog The Loves Data

Ini adalah blog yang kontennya didedikasikan sepenuhnya untuk membahas segala hal terkait Google Analytics. Di dalamnya kamu bisa mempelajari topik populer terkait analytics yang ramah pengguna – terutama untuk pemula.

blog loves data analytics

Yang menarik adalah, kebanyakan konten di dalamnya sangat praktis. Tidak bertele-tele dan langsung menunjukkan solusi bagi serangkaian masalah yang biasanya dihadapi oleh para pemasar online yang menggunakan Google Analytics untuk menganalisis seluruh data terkait kesehatan sebuah situs.

  1. SkilledUp

Jujur saja. Menggunakan Analytics tidak mudah. Bahkan cenderung membingungkan bagi pemula. Nah, kehadiran SklilledUp justru sangat membantu orang-orang yang kebingungan membaca data Analytics.

SkilledUp membantu orang-orang macam itu dengan cara menyediakan kursus Analytics. Tidak hanya itu, SkilledUp juga membantu dengan cara memberikan referensi kursus serupa yang disediakan sumber lain. Walau tidak gratis, tapi konon menurut beberapa review, SkilledUp akan mengajarkan semua hal yang perlu kamu ketahui tentang Google Analytics.

Dari Mana Saya Harus Mulai Belajar Analytics?

Mulailah dari sumber belajar yang gratis. Kebetulan Google menyediakannya, jadi kamu bisa mulai dari sana. Sebagai pemilik tools, Google berbaik hati memberikan akses ke sejumlah materi pembelajaran Analytics.

Tapi apalah artinya belajar tanpa memiliki website untuk mempraktekkan kemampuan menggunakan Analytics? Jadi hal lain yang perlu kamu lakukan sambil belajar Analytics adalah: membangun website.

Dengan membangun website serta membuat akun Analytics, kamu sekaligus bisa mengasah kemampuan dalam menganalisis seluruh data terkait situsmu sendiri. Untuk yang bercita-cita jadi seorang ahli SEO, kemampuan menganalisis data Analytics sangat penting loh!

Sudah siap belajar Analytics?