magicseo.net – Search Engine Optimization (SEO) adalah teknik membuat artikel yang dimasukkan pada website atau blog sehingga bisa mudah ditemukan pada mesin pencari. Melalui SEO ini sebuah blog atau website bisa semakin populer karena jumlah pengunjung blog atau website yang semakin meningkat. Hadirnya SEO sangat membantu para pelaku bisnis online yang memiliki website atau blog bisnis. Semakin banyak pengunjung blog atau website tersebut maka tingkat transaksi penjualan produk juga semakin meningkat.

Dengan melihat pentingnya SEO maka anda harus merangkai SEO dengan menulis artikel yang SEO friendly. Bagi anda yang masih pemula dalam dunia artikel maka berikut ada beberapa tips dasar menulis artikel yang SEO friendly yang bisa anda praktikkan.

  1. Judul Artikel
    Untuk membuat artikel yang SEO friendly maka anda harus memperhatikan bagian judul terlebih dahulu. Biasanya judul artikel ini disebut H1 yang sebaiknya harus memuat kata kunci dari artikel tersebut. Untuk menentukan kata kunci artikel tersebut maka silakan mencari kata kunci melalui google adwords keywords tool. Semakin populer kata kunci maka nantinya akan semakin besar peluang ditemukan pada mesin pencari saat pengunjung mudah menemukan artikel yang dicari.
  2. Sub-Judul
    Saat menulis artikel, silakan gunakan list sub-judul lalu letakkan kata kunci tersebut pada sub-judul kemudian gabungkan pada kalimat pendukung. Untuk sub-judul ini dikenal dengan H2 yang penting anda perhatikan sesudah judul.
  3. Pemakaian H3
    Selain H1 dan H2, yang tak kalah penting untuk diperhatikan yaitu H3. Namun untuk H3 tidak begitu memperhatikan penempatan kata kunci. H3 ini adalah poin yang terdapat pada sub-judul oleh karena itulah tak diharuskan dalam penggunaan kata kunci penulisannya.
  4. Perhatikan Keyword Density
    Perlu anda ketahui bahwa keyword density adalah kepadatan pemakaian keyword dalam artikel. Dalam menulis artikel, sebaiknya keyword tidak hanya ditulis sekali saja namun harus mencapai kepadatan 2% di setiap artikelnya. Misalnya saja untuk artikel sebanyak 400 kata maka perhitungan keyword densitynya yaitu 2%x400 = 8. Sehingga dalam artikel tersebut jumlah keyword yang harus dimasukkan sebanyak 8 kali.
  5. Penempatan Keyword
    Sebaiknya keyword ditempatkan di bagian awal dan akhir kalimat. Penempatan di awal bertujuan agar robot google bisa mendeteksi bahwa itulah keyword yang dipakai pada artikel. Sisanya keyword bisa diletakkan sesuai alur artikel sehingga memenuhi density.
  6. Memakai Keyword Turunan
    Maksud dari keyword turunan yaitu pengembangan sesuai alur artikel yang ditulis. Penggunaan keyword turunan harus berkaitan dengan keyword utama dan masih nyambung. Fungsi keyword turunan adalah memperkuat keyword utama namun jumlahnya tidak melebihi keyword utama.

Baca juga : Pengertian Teks Eksplanasi Untuk Pelajar SMP-SMA

Demikianlah penjelasan mengenai tips dasar menulis artikel yang SEO friendly yang bisa menambah wawasan anda. Melalui penjelasan di atas kini anda bisa belajar menulis artikel SEO secara mudah yang pastinya akan membuat blog atau website anda semakin mudah ditemukan di mesin pencari.